JAMBI– Stocking kini tak hanya berfungsi sebagai pelindung atau mempercantik kaki saja. Bagi banyak wanita muslim, stocking dipilih sebagai salah satu cara menutup aurat. Menemukan wanita yang mengenakan stocking dalam keseharian di Kota Jambi bukan sesuatu yang sulit. Remaja hingga wanita paruhbaya sering terlihat menggunakan item satu ini.

Sebagai pilihan kini stocking tak lagi hadir dengan warna-warna netral atau model polos saja. Cukup banyak pilihan stocking yang hadir dengan model dan warna menarik, termasuk model seksi jaring-jaring nan menantang. Dewi (22), salah satu SPG counter kosmetik di sebuah pusat perbelanjaan di Kota Jambi yang saban hari terlihat mengenakan stocking, mengatakan hal tersebut memang diharuskan oleh atasannya. “Secara pasti saya tidak tahu alasannya. Tapi bisa jadi sebagai pemanis dan agar terlihat lebih rapi, menarik, dan sopan,” ia menduga-duga.

Dewi mengatakan, karena selalu menggunakan seragam kerja berbentuk rok span, ia memang sangat terbantu dengan adanya stocking tersebut. “Tanpa dianjurkan pun mungkin saya akan selalu mengenakan stocking saat kerja.” Dengan mengenakan stocking setiap jam kerja, ia juga merasa lebih nyaman dan terlindungi. “Setidaknya aktivitas saya sedikit lebih leluasa karena mengenakan stocking ini.”

Apakah ia tidak kegerahan? “Karena modelnya yang tipis, saya sama sekali tak terganggu. Apalagi hampir setiap hari saya mengenakannya, jadi sudah terbiasa,” katanya. Dewi lebih menyukai stocking dengan warna-warna netral yang tak berbeda dengan warna kulitnya. Hal sama juga dikatakan Ny Rahma (32), warga Jalan Orang Kayo Pingai, Talangbanjar, Kota Jambi. Ia mengaku telah mengenakan pembalut kaki tipis itu sejak duduk di bangku kuliah. “Saya pilih untuk kenyamanan kaki, di samping juga untuk menutup aurat,” ujar wanita yang selalu mengenakan busana muslimah ini.

Menurut ibu satu anak ini, ia memilih stocking karena bentuk pembalut kaki itu yang tidak terlalu mencolok, di samping juga bentuknya yang tipis, sehingga tidak membuatnya kegerahan. Novi (19), mahasiswi Universitas Jambi yang tinggal di Jalan Sumatera Kotabaru, Jambi, mengatakan dirinya tak setiap hari mengenakan stocking. “Kalau saya tergantung busana dan jenis sepatu yang akan dikenakan. Biasanya stocking hanya saya gunakan untuk menjaga agar kaki aman atau tidak lecet,” tandasnya.(usi)