Stocking saat ini mulai banyak digandrungi oleh kalangan muda Indonesia. Mulai dari artis-artis ibukota sampai remaja-remaja ABG banyak menggunakan stocking ketika hang out bersama teman-temannya. Warna-warna stocking ini pun mulai beragam. Mulai dari yang berwarna hitam, tan, sampai nude yang banyak digunakan untuk acara formal sampai dengan warna-warna mencolok seperti hijau terang, pink, dan merah juga tidak luput untuk digunakan.

Penggunaan stocking bisa dikarenakan beberapa alasan. Beberapa wanita menggunakan stocking karena tuntutan pekerjaan. Ada juga yang menggunakan stocking untuk menghalau udara dingin, untuk menutupi noda yang ada di kaki, varises, ataupun menutupi bentuk betis yang kurang memuaskan.

Bila anda merasa bentuk kaki anda tidak seksi dan tidak proporsional, ada beberapa trik yang bisa mengubah penampilan anda. Pemilihan stocking yang pas, akan dapat membuat penampilan anda berubah drastis. Jadi, jangan asal pilih stocking!

Bagi anda yang mempunyai pergelangan kaki yang lebar, sebaiknya pilih stocking polos dengan pilihan warna hitam, cokelat atau burgundi. Agar terlihat lebih tinggi kenakan sepatu high heels yang sewarna untuk mengaksentuasi lekuk bagian dalam kaki. Misalnya kaki gemuk akan terkesan lebih ramping.

Untuk anda yang memiliki kaki pendek, pilihlah stocking dengan garis-garis timbul. Apalagi jika memadukan high heels dengan stocking yang sewarna akan membuat kaki terkesan lebih panjang dan ramping.

Jika anda memiliki betis besar, pilihlah stocking dengan motif yang tersebar jarang-jarang. Maka perhatian akan beralih ke seluruh kaki, mereka tidak akan memperhatikan kekurangan pada kaki anda. Mereka akan terpesona dengan corak stocking anda yang terkesan menarik. Sebaiknya padankan dengan warna sepatu anda.

Bila anda memiliki betis datar, ada baiknya memilih stocking dengan corak yang berlubang-lubang membentuk kontras antara latar depan stocking dan latar belakang kaki. Kontras 3 dimensi yang dihasilkan memberi kesan betis menjadi lebih besar. Gunakan warna hitam agar kaki anda terlihat seksi.

Selain itu anda bisa memilih stocking dari bahan stretch yang ketat. Warna-warna yang paling disarankan adalah hitam, cokelat, biru tua, atau warna-warna gelap lainnya. Selain melapisi betis yang besar, stocking bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan “noda” (seperti bekas luka) di betis.

Paduan penggunaan stocking dengan busana yang kita kenakan juga harus dipilih dengan matang. Karena apabila kita menggunakan paduan yang tidak sesuai, “jatuhnya” malah tidak bagus. Mungkin berikut ada beberapa tips yang bisa membantu untuk padu padan busana anda dengan stocking yang anda gunakan
– Padukan dengan warna baju atau sepatu yang dikenakan. Kalau warnanya gelap, stocking hitam atau hijau navy bisa jadi pilihan.
– Warna kulit juga jadi faktor penentu. Kalau memiliki kulit terang, bebas pakai stocking apa aja. Tapi untuk kulit cenderung gelap, mending pilih stocking hitam.
– Tetap tampil natural dengan stocking. Sebaiknya, jangan didobel dengan kaus kaki.
– Ada banyak pilihan stocking. Yang klasik terbuat dari nylon, atau stocking jala yang bisa membuat anda menjadi pusat perhatian. Meski nggak membungkus kaki dengan sempurna, stocking model ini banyak disuka.
– Penggunaan stocking harus disesuaikan dengan acara yang diikuti. Untuk undangan pernikahan, pesta prom, atau acara resmi, pilih dandan aman dengan stocking klasik. Jangan maksa tampil menantang. Nah, kalau lagi ke pesta yang agak “gila,” pilih stocking dengan gambar-gambar kartun seru.

Tapi stocking juga memiliki beberapa kelemahan. Stocking tergolong rawan rusak. Tersangkut sedikit aja, bisa tergores atau bahkan robek. Kalau kejadian ini menimpamu, jangan langsung dibuang. Ambil sepotong kecil kertas atau tissue, sesuai dengan besar kerusakan stocking. Lalu, oleskan cat kuku pada kertas tersebut. Lekatkan dengan stocking dari bagian dalamnya. Ratakan dengan cotton bud, lalu tunggu beberapa saat hingga kering. Stocking-mu bisa kembali seperti semula. Kalau hanya tergores, kamu juga bisa membuat goresan-goresan baru di stocking. Ini cocok buat dandanan ala rock star.

Setelah dipakai tentunya stocking juga perlu dicuci. Mencuci stocking harus mengguanakan cara yang tepat. Karena stocking berbeda dengan outfit lain, stocking lebih sensitif. Untuk itu mencucinya pun harus lebih hati-hati.
Pertama, basahi stocking dengan air hangat. Bisa menggunakan ember kecil sebagai wadah. Pilih sabun cuci lembut. Tuangkan ke dalam wadah dan diamkan selama kira-kira 30 menit.
Stocking pun telah meresap air dan sabun cuci. Setelah itu angkat dan bilas dengan air dingin. Pastikan membilasnya dengan perlahan, hingga bersih dan terangkat seluruh sisa busanya. Peras dengan perlahan untuk menghilangkan air. Lalu gantung untuk mengeringkannya.Stocking bisa digunakan paling tidak lima kali. Setelah itu, biasanya elastisitasnya berkurang, sehingga kurang nyaman dipakai. Selamat berstocking ria…

Sumber : http://bandung.petawisata.com/wp/?p=369