Hosiery sebutan untuk pakaian yang khusus untuk kaki, lebih spesifik didefinisikan sebagai pakaian (rajutan) yang dikenakan secara langsung untuk membalut kaki. Di Indonesia hosiery banyak sebagai stoking (stocking) saja yang didefinisikan sebagai kaus kaki yang tipis dan panjang.

Berdasarkan bentuk dan fungsinya nya hosiery dikelompokan menjadi :

  • Hold-ups (British English) atau Thigh-high stockings (American English)
  • Stockings, yang disangga oleh tali penyangga (suspender belt)
  • Tights (British English) or Pantyhose (American English)
  • Leggings
  • Socks dan Toe socks
  • Bodystockings

Dari sisi bahan sebenarnya dapat dibuat dari berbagai macam rajutan seperty wool, sutera, katun, lycra dan paling banyak adalah nilon (nylon).

Dari jenis rajutannya dikenal ada jenis sheer (tipis transparan), opaque ( buram/pekat) dan net / fisnet ( rajutan jarang atau jaring jaring ).

Hold-ups atau Thigh-high atau Stay-Ups Stocking

adalah kaus kaki ( umumnya tipis ) dan panjang dari ujung kaki sampai pangkal paha. Pada bagian ujung dibuat lipatan ( band ) yang diberi bahan elastis (karet) untuk menahan agar stoking tetap terpasang dan tidak melorot. Dalam perkembangannya lipanan (band) ini dibuat dengan rajutan bermotif atau berenda. Sealain pengunaan bahan elastis ( karet ) digunakan juga bahan dari silikon yang bisa menempel dikulit sepeti di lem.

Supender Belt Stocking atau Garterbelt Stocking

adalah stocking yang pada bagian atasnya tidak diberi band elastis / perekat sehingga untuk menjaga agar tetap terpakai diperlukan sejenis tali/pita untuk menyangga yang diikatkan pada pinggang atau korset. pada garterbelt ini terdapat kait khusus yang dapat dipasang dan dilepas dengan mudah pada band stocking tanpa melubangi atau merusaknya. Jumlah tali/pita yang dipakai umunya berjumlah empat atau lebih.


  Tights atau Pantyhose

adalah stocking yang pada bagian atasnya dibuat seperti celana panjang ( pants ). Sehingga kalu diterjemahakan secara bebas artinya adalah kaus kaki panjang (hose) yang bentuknya seperti celana (pants). Sedangkan orang inggris biasa menyebut Tight atau celana ketat.

Leggings

legging pada dasarnya adalah pantyhose yang hanya menutupi kaki bagian atas (leg) pada bagian telapak kaki terbuka. Legging lebih mirip dengan celana panjang hanya saja dia melekat pada kulit. Selanjutnya legging dibagi menurut kukuran kaki yaitu 1/2 atau 3/4 atau full (penuh)

Socks dan Toe socks

Socks diterjemahkan sebagai kaus kaki saja yaitu pakain pada kaki yang panjangnya dibawah lutut. Bisa diatas betis (knee high) antara betis dan pergelangan kaki atau di pergelangan kaki (Toe socks)

Variant dari hosiery

Bodystockings, adalah stocking yang menutupi seluruh tubuh, baik kaki, badan bahkan hingga pada lengan tangan. Beberapa variasi misalnya model V-neck (leher berbentuk V), crotchless atau open crotch yaitu dengan selakangan terbuka/berlubang.

Suspender pantyhose adalah pantyhose yang dibuat seolah-olah seperti stocking dan garterbelt hanya saja tidak terdapat kait.

Crotchless pantyhose adalah pantyhose yang dibuat sedemikian rupa hingga pada bagian selakangan terbuka atau berlubang.

kata kunci :
Apakah stocking itu? Apakah Pantyhose itu? Apakah Hosiery itu?
Definisi dari Stocking, Pantyhose, Hosiery, Garterbelt, Tigh High, Bodystocking, Legging

Iklan