medical-stocking Medical Stocking, Compression stockings adalah stocking yang menggunakan tekanan ditempat tertentu, biasanya dikaki,dimana tekanan ini merupakan bentuk dari terapi pada masalah kelemahan pembuluh darah (vena).
Prinsipnya sederhana dan efektif,melalui tekanan tertentu pada jaringan dan pembuluh darah,pembuluh ini dipaksa untuk kembali keukuran diameter normalnya.
Tekanan ini juga membantu bekerjanya pembuluh yang masih baik sehingga menambah kecepatan aliran darah yang dengan sendirinya akan memperbaiki sirkulasi darah.
Sirkulasi yang baik akan menurunkan resiko terbentuknya penggumpalan darah pada pembuluh.
Pemakaian  compression stockings yang teratur dapat mengurangi keluhan varises yang umumnya dirasakan penderita ,yaitu rasa berat dan pegal dikaki yang kadang-kadang disertai pembengkakan dan munculnua pembuluh darah dipermukaan kulit (spider veins),walaupun hal ini tidak selalu terjadi.

 

Siapa yang wajib mengenakan stocking jenis ini :

  1. Penderita / Gejala Varises ( sangat diwajibkan )
  2. Ibu Hamil (sangat disarankan)
  3. Bagi pegawai yang sebagian besar pekerjaannya menuntut berdiri/duduk secara terus menerus dalam waktu yang lama. ( Perawat/Pramuniaga/SPG/Guru)
  4. Bagi yang bepergian jauh menggunakan pesawat atau kereta atau mobil yang duduk atau tidak banyak bergerak.
  5. Bagi yang sedang perawatan di kursi roda atau tempat tidur.medical-stocking

 

Tekanan yang berbeda pada tiap bagian dari kaki,misalnya pada pergelangan kaki yang lebih tinggi daripada tekanan pada bagian betis telah secara nyata member efek positif.

Compression stockings/stoking mempunyai tingkat tekanan kompresi yang berbeda pada pergelangan kaki, dimana tingkat tekanan ini menjadi dasar dalam penentuan tingkat kompresi :

  – Tingkat kompresi 1 (compression class 1)     : 18 -21 mmHg
  – Tingkat kompresi 2 (compression class 2)     : 23 – 32 mmHg
  – Tingkat kompresi 3 (compression  class 3)    : 34 – 46 mmHg
  – Tingkat kompresi 4 (compression class 4)     : min 49 mmHg
 

Sayangilah kaki anda dan Selamat moncoba ….